Optimalkan Pembinaan Kampung KB

Optimalkan Pembinaan Kampung KB

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu mendorong para penyuluh untuk mengoptimalkan pembinaan Kampung Keluarga Berencana guna menyukseskan berbagai program strategis. Hal ini disampaikan Kabid Advokasi dan Informasi BKKBN Provinsi Bengkulu Edy Sofyan SE MM saat melakukan pembinaan kepada Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di kantor UPTD PLKB di taman Benika,Kamis (31/1).

“Saya berharap kepada para PLKB di Kaur ini dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal, salah satunya melakukan pembinaan dengan baik Kampung KB yang ada di wilayah masing-masing,” kata Edy dihadapan para PLKB, kemarin (31/1).

Dikatakannya, program Kampung KB perlu dijadikan sebagai miniatur pelaksanaan program pemerintah secara terpadu. Dimana pihaknya terus berupaya meningkatkan peran penyuluh guna menyukseskan berbagai program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) yang ada. Juga dalam mengoptimalkan komunikasi, informasi dan edukasi pada masyarakat, ini penting dilakukan agar muncul kesadaran dari masyarakat tentang masalah KB tersebut.

“Petugas KB harus kerja keras dan penuh pengabdian, dan mari terus tingkatkan kualitas diri baik dalam hal pemahaman tentang program maupun pengetahuan umum lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Data dan Kependudukan Dinas Pengendalian Pendudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB PP dan PA) Kabupaten Kaur Efta Betaria Sunata yang juga hadir dalam pembinaan itu menyampaikan, PLKB merupakan tenaga terdepan dituntut untuk lebih profesional, karena memiliki kedudukan, kemampuan, dan keahlian yang diakui oleh masyarakat dilingkungannya.

Juga penyuluh KB dituntut harus dapat mengkomunikasikan gagasan tentang program KB. “PLKB ini ada 33 orang, dan mereka harus memiliki peran penting dalam pendampingan keluarga melalui implementasi delapan fungsi keluarga,” ujarnya.

Ditambahkannya, keberhasilan program KB sangat ditentukan oleh PLKB yang berkualitas disemua tingkatan. Sehingga dalam upaya meningkatkan akses dan kualitas pelayanan program DPPKB PP dan PA di daerah perlu pengembangan kapasitas tenaga program khususnya para petugas lapangan KB ini. “Harapan kita melalui pembinaan ini, para PLKB Kaur ini dapat berkontribusi dalam mewujudkan program KB dalam menekan jumlah penduduk Kaur,” harapnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: